Situs Travel Lokal Jadi Top List Google Play

Kamis, 24 Juli 2014

VIVAnews - Belakangan, aplikasi lokal semakin digandrungi, bahkan beberapa masuk ke dalam Top List Apps di Google Play. Yang terbaru adalah Uyora.com, situs lokal pencari dan pembanding harga hotel. Menurut perusahaan riset IDC pada 2013 lalu, setidaknya 81 persen pengguna smartphone di Indonesia menggunakan Android, atau sekitar 33 juta pengguna. Ini merupakan kesempatan emas bagi para pengembang aplikasi Android untuk bersaing. Namun, tidak banyak aplikasi lokal yang mudah masuk ke Top List.

Dengan masuknya Uyora sebagai daftar aplikasi paling top, secara tidak langsung memberikan keuntungan tersendiri bagi pengembangnya. Padahal, situs ini merupakan pendatang baru untuk kategori Travel.

"Keuntungannya banyak sekali. Dari sisi brand awareness, semakin banyak orang yang mengenal Uyora. Selain itu, juga akan meningkatkan kepercayaan karena secara tidak langsung disejajarkan dengan brand-brand besar. Ini akan meningkatkan jumlah pengunjung, jumlah transaksi dan jumlah sales," ujar Direktur Utama PT Makmur Sukses Untung, R. Ari SUdrajat, dalam keterangannya, Kamis, 24 Juli 2014.

Pengembang Uyora menargetkan, setidaknya ada satu juta pengguna unik per bulan di Uyora. Dari total jumlah tersebut, sebanyak dua persennya diharapkan melakukan transaksi. Para pengguna bisa membandingkan ratusan situs travel sehingga mereka bisa mencari hotel yang diinginkan dengan harga yang paling murah.

Ari sendiri sangat percaya dengan daftar Top Google Play ini. Sebab, kata Ari, Google memiliki algoritma sendiri untuk menentukan aplikasi yang otomatis bisa masuk ke Top Apps di PlayStore. "Bisa jadi, karena banyak sekali pengguna yang sangat puas dan kemudian memberikan rating tertinggi untuk Uyora, atau karena men-download aplikasinya banyak, atau karena menurut Google aplikasi ini bagus sekali. Tetapi, persisnya hanya Google yang tahu, yang jelas perusahaan ternama sekelas Google tidak akan sembarangan menaruh aplikasi sebagai top apps-nya," katanya.

Uyora diluncurkan di PlayStore sejak 5 Juli 2014 lalu. Sekali download, size-nya hanya 205 kilobyte. Untuk mengunduhnya, dibutuhkan Android versi 2,2 dan di atasnya. Dalam kurun dua minggu, setidaknya Uyora telah mencapai lebih dari 40.000 download.

PlayStore Vs AppStore Melansir laporan App Annie melalui Android Authority, jumlah download di PlayStore pada kuartal ke-2 tahun ini meningkat 60 persen dari kuartal sebelumnya. Angka ini lebih tinggi, ketimbang AppStore yang hanya naik 45 persen. Hal ini sesuai dengan jumlah penyebaran kedua sistem operasi tersebut, di mana Android juga telah mengalahkan dominasi iPhone.

Google PlayStore mendapatkan 150 juta donwload pada kuartal kedua ini, sedangkan Apple AppStore hanya mencapai 100 juta donwload aplikasi. Namun sayang, peningkatan jumlah trafik download ini tidak berpengaruh terhadap peningkatan pendapatan Google AppStore. Kuartal ini, revenue AppStore naik 45 persen menjadi US$100 juta, sedangkan Google Play hanya naik 30 persen dengan total revenue US$60 juta.

Lima negara yang memiliki kontribusi download terbanyak di Google Play pada kuartal ke-2 2014 ini adalah Amerika, Brasil, India, Rusia, dan Korea Selatan. Sedangkan lima negara yang memiliki kontribusi revenue ke Google Play Store adalah Jepang, Amerika, KOrea Selatan, Jerman, dan Taiwan